Selasa, 27 November 2012

Lingkaran


Assalamualaikum Wr. Wb..

Halo !!! Wie geht’s Ihnen ??

Ketemu lagi nih… di postingan yang kedua …
Setelah saya share mengenai sejarah blog dan apa saja yang ada di blog saya, kali ini saya akan membahas ilmu yang kata orang dan kata saya juga penting dan wajib buat dipelajarin. Kenapa?? Karena jika kita hidup tanpa ilmu ini gak kebayang banget deh …
Coba deh bayangin kalian gak bisa menghitung …. Kalian akan kesulitan dalam membeli apapun entah itu makanan atau barang-barang yang kalian suka. Tentu saja kita tidak akan bisa lepas dari ilmu yang satu ini…

Ya…. Ini dia… apa lagi kalau bukan MATEMATIKA….

Oke langsung ajah deh ya… gak usah banyak omong ini itu. 

Berhubung saya kelas XI SMA tentunya dan jurusan IPA, dan berhubung juga saya lagi belajar apa itu yang namanya LINGKARAN.. kalo gak salah itu bab terakhir di semester sekarang.

Saya hanya akan membahasnya sedikit saja ya.. setelah itu langsung ke soal-soal.. oke ?? biar kalian faham dan saya juga bisa tambah faham..

Sebelum itu tentunya kita harus tahu dulu apa itu lingkaran .

Lingkaran adalah himpunan/tempat kedudukan titik-titik pada bidang datar yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu.

Yang mesti dipelajari di bab ini yaitu :

A.    PERSAMAAN LINGKARAN
B.    BENTUK UMUM PERSAMAAN LINGKARAN
C.     KUASA TITIK TERHADAP LINGKARAN
D.    PERSAMAAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
E.     TALI BUSUR SEKUTU

Tapi, untuk kali ini saya hanya akan membahas mengenai persamaan lingkaran saja..
Yukkk langsung aja…

A.    PERSAMAAN LINGKARAN

·        Persamaan lingkaran dengan pusat (0,0) dan jari-jari =r




 

                                                                                                                                                     
·        Persamaan lingkaran dengan pusat (a,b) dan jari-jari =r




 


                                                                                                                                                                           
Segitu aja dulu ya materinya?? Ngerti gak ?? nggak ??

Langsung ke soal aja yuk biar cepet ngerti…
soalnya masih simple nih...
1.     Tulislah persamaan lingkaran dari unsure-unsur yang diketahui berikut.
a.     Pusat (0,0) dan jari-jari 6
b.     Pusat (4,3) dan jari-jari 4

Penyelesaian :

untuk a, karena pusatnya (0,0) maka pakai rumus kesatu...
tinggal disubstitusikan aja deh ...
gini nih...
maaf ya kalo tulisannya jelek.. heheheh ... yang penting masih kebaca kan??

untuk yang b, karena pusatnya (a,b) maka pake rumus yang kedua :
gini nih jadinya..


Ngerti kan guys ???
gampang kan???
soalnya ini sih baru permulaan... hehhheheh
tapi, insyaAllah untuk materi yang selanjutnya juga kalau kita kemauannya untuk bisa kuat, kita pasti bisa kok !!!
SEMANGAT !!!!!
sampai juga di postinganku selanjutnya ya !!!
oh ya, jangan lupa kalau mau copy paste sertakan sumber nya ya...
 http://irineurakhmahfauziah.blogspot.com/

mohon kritik dan sarannya juga ya !!! saya newbie soalnya dd dunia blog ...

sumber :
-Buku Matematika SMA kelas XI IPA Erlangga

-Buku Bahas Habis-habisan Semua Mata Pelajaran SMA XI IPA Mata Elang Media

Wasslamualaikum Wr. Wb








Tidak ada komentar:

Posting Komentar